Selamat datang di Blog Dou Mbojo

Warga Runggu Buka Jalan Ekonomi

Senin, 15 September 20140 komentar

KM RUNGGU,- Masyarakat Desa Runggu Kecamatan Belo setiap hari Minggu, giat melakukan gotong royong pembukaan rintisan jalan ekonomi sepanjang 5 kilometer.  Kegiatan itu sudah berlangsung sejak Januari 2014 lalu. Kepala Desa Runggu, Musnadi H Ahmad mengatakan  pembukaan jalan ekonomi terpaksa dilakukan. Pasalnya, petani sangat kesulitan untuk angkut hasil panen.  Antara persawahan dengan pemukiman warga berjarak kurang lebih 5 km, “Selama ini, hasil panen warga selalu dipikul untuk sampai ke rumah. Sejak Januari sudah ringan, tidak dipikul lagi tapi diangkut pakai gerobak melalui jalan ekonomi yang baru di rintin itu,” terang Musnadi, Minggu di lokasi kegiatan gotong royong.

Jalan ekonomi yang sedang dirintis itu, berlokasi di Luru Tuka yakni dikawasan So Laminggi. Sebelumnya, urai mantan kaur Pemerintahan itu, luru tuka merupakan parit. Kini parit itu, ditutup untuk dijadikan jalan ekonomi. “Mengingat fungsinya sudah taka da lagi, maka masyarakat sepakat untuk dirubah menjadi jalan ekonomi. Adapun parit akan dibuat disisi jalan, sehingga petani tak perlu khawatir  akan kekeringan atas tanamannya,” Pungkas Musnadi.

Kegiatan Gotong royong warga Runggu itu, Minggu kemarin dilihat langsung Camat Belo, Bambang Setiawan. S.Sos. Bahkan camat ikut terlibat  dengan mengangkat cangkul meratakan pematang sawah untuk timbunan parit.  “Saya sangat apresiasi atas kinerja dan semangat masyarakat Tani desa Runggu,” puji Mantan Sekcam Belo itu.

Namun dirinya  berharap untuk kegiatan gotong royong ke depan, lebih banyak dilibatkan  lagi masyarakat. Termasuk para generasi mudanya, “Saya tidak melhat keterlibatan kaum muda dalam hal ini peran anggota karang Taruna, Remaja Mesjid,” Herannya.

Lanjut Pria Asal Desa Renda itu, kehadirannya ditengah masyarakat  yang tengah bergotong royong itu tidak lain hanya memberikan motivasi. Secara emosional, susah dipisahkan dirinya dengan masyarakat Runggu. “Saya senang berada di tengah masyarakat tani Desa Runggu,” akunya.

Akses jalan ekonomi sudah dirintis, dengan sendirinya meningkatkan pendapatan masyarakat pemilik gerobak dan benhur yang ada di Runggu. “Tidak bisa dipungkiri, jalan ekonomi ini akan meningkatkan pendapatan para pemilik benhur dan gerobak. Karena, akan digunakan sebagai alat angkut hasil pertanian,” Pungkas Bambang. (Rys)

Sumber: Kampung-Media
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. SONNY MBOZO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger