Selamat datang di Blog Dou Mbojo

Kampung Media Bolo Siapkan Fasilitas CAT CPNS

Senin, 15 September 20140 komentar

KM-Bolo—Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) telah dibuka secara online sejak 25 Agustus 2015 lalu. Pemerintah pusat memberi ruang bagi masyarakat yang ingin bergabung atau mendaftarkan diri sebagai peserta CPNS. Namun ini kali, pelaksanaannnya tidak dilakukan secara manual seperti sebelumnya. Melainkan dilaksanakan melalui sistem Computer Assisted Test (CAT).

Pendaftaran menjadi peserta CPNS  hingga pada ujian secara online nanti, tentu masih banyak yang belum memahami apa itu sistem CAT. Karena masyarakat kalangan bawah khususnya di Kota/Kabupaten Bima dan Dompu, sebagian besar belum memahami sistem tersebut. Sebab, ditemukan banyak calon peserta CPNS yang masih bingung cara mendaftar untuk mendapatkan ID dan Pasword sebagai kunci masuk pada link pendaftaran selanjutnya.

Seperti kesulitan dialami beberapa warga asal desa Kramabura kabupaten Dompu. Untuk mengetahui langkah dan cara daftar hingga mendapatkan ID dan Pasword, mereka pun mendatangi komunitas Kampung Media Bolo, yang beralamat Jl lintas Sumbawa No 53 desa Rasabou.

Kedatangan Sunadi salah satu dari mereka, mengaku sangat khawatir kesalahan dalam pendaftaran. Karena jika terjadi demikian (error) dalam pengisian data, maka pupus sudah harapan untuk bisa menjadi peserta CPNS melalui sistem CAT. Sebab, pendaftaran tersebut hanya bisa dilakukan sekali saja.   

Dengan fasilitas dan sarana serta jaringan internet yang memadai—Kampung Media Bolo selaku pengelola PLIK-SP membuka ruang bagi siapapun yang ingin belajar, termasuk yang ingin mendaftar dan mengenal cara mengisi soal melalui sistem CAT. Karena aplikasi tata cara CAT itu sendiri telah tersedia di PLIK-SP Bolo.

Maksud dan tujuan penggunaan sistem CAT adalah untuk mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian, menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional dan menetapkan standar nilai.

Sedangkan keunggulan dan manfaat penggunaan CAT itu sendiri, peserta tes dapat mendaftarkan melalui internet, dinilai langsung sesuai dengan hasil yang diperoleh, komputer menyediakan keseluruhan materi soal Kompetensi Dasar (Tes Pengetahuan Umum, Tes Bakat Skolastik dan Tes Skala Kematangan), penilaian dilakukan secara obyektif dan peserta ujian dapat mengakses dengan mudah terhadap pencapaian hasil (skor) yang diperolehnya.

Maka tak heran, saat ini PLIK-SP Bolo terus didatangi oleh para calon peserta CPNS  untuk belajar serta mengenal sistem CAT—selain sekaligus mendaftarkan diri menjadi peserta CPNS.(adi)

Sumber: Kampung-Media
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. SONNY MBOZO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger